KARANGAN ILMIAH – Skripsi, Tesis, Disertasi

NAMA: HAYYU ANNISA
KELAS: 3EA34
NPM: 13213984
MATA KULIAH: BAHASA INDONESIA 2
DOSEN: KARINA JAYANTI


KARANGAN ILMIAH

Karangan ilmiah merupakan suatu karangan atau tulisan yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isisnya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya/ keilmiahannya.”—Eko Susilo, M. 1995:11

Karya ilmiah adalah suatu karya dalam bidang ilmu pengetahuan (science) dan teknologi yang berbentuk ilmiah. Suatu karya dapat dikatakan ilmiah apabila proses perwujudannya lewat metode ilmiah. Jonnes (1960) memberikan ketentuan ilmiah, antara lain dengan sifat fakta yang disajikan dan metode penulisannya.

SKRIPSI, TESIS, DISERTASI

  • Definisi Skripsi

    Skripsi adalah karya tulis (ilmiah) mahasiswa untuk melengkapi syarat mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi ditulis berdasarkan pendapat (teori) orang lain. Pendapat tersebut didukung data dan fakta empiris-obyektif, baik berdasarkan penelitian langsung, observasi lapangan / penelitian di laboratorium, ataupun studi kepustakaan. Skripsi menuntut kecermatan metodologis hingga menggaransi ke arah sumbangan material berupa penemuan baru.

  • Contoh Skripsi

    HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DAN KOMUNITAS TEMAN SEBAYA DENGAN MINAT MELANJUTKAN STUDI PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII SMK MUHAMMADIYAH 3 KULON PROGO TAHUN AJARAN 2011/2012 

    Oleh

    R Satriyo Nugroho
    10502247005

    ABSTRAK 

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Fasilitas Belajar dan Komunitas Teman Sebaya dengan Minat Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Kulon Progo Tahun Ajaran 2011/2012

    Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 155 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 101 dengan menggunakan bantuan monogram Hary King dengan taraf kesalahan 5%. Pemilihan sampel menggunakan teknik Probability Sampling jenis simple Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dengan skala likert dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda.

    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif Faslilitas belajar dengan minat melanjutkan studi perguruan tinggi, dibuktikan harga r hitung (0,212) yang lebih besar dari pada r table (0,196). (2) Terdapat hubungan positif komunitas teman sebaya dengan minat melanjutkan studi perguruan tinggi, dibuktikan harga r hitung (0,391) lebih besar dari r table (0,196). (3) terdapat hubungan yang positif antara fasilitas belajar, dan komunitas teman sebaya dengan minat melanjutkan studi perguruan tinggi, dibuktikan Fhitung sebesar 9,633 lebih besar dari  Ftabel dengan df 2:100 sebesar 3,09. Sumbangan relatif yang diberikan dari masing – masing variable bebas adalah Fasilitas belajar 0,49% dan Komunitas teman Sebaya 13,6%.

  • Definisi Tesis

    Tesis adalah jenis karya tulis dari hasil studi sistematis atas masalah. Tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi. Orisinalitas tesis harus nampak, yaitu dengan menunjukkan pemikiran yang bebas dan kritis. Penulisannya baku dan tesis dipertahankan dalam sidang. Tesis juga bersifat argumentative dan dihasilkan dari suatu proses penelitian yang memiliki bobot orisinalitas tertentu.

  • Contoh Tesis

    HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR MEMBACA CEPAT SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN CEMPAKA PUTIH JAKARTA PUSAT (2010)

    The Relationship Between Critical Thinking and Interest in Reading Toward the Speed Reading Ability of Junior School Students at Cempaka Putih Regency Center of Jakarta 

    SUZANNA

    ABSTRACT

                This research aim to determine the relationship between critical thinking and interest in reading toward the student ability of student to speed reading both separately and simultaneously. This research was conducted in Jakarta, 2010. The population is 2nd grade of Junior High School, with 40 respondents as research sample, which were selected by multi-stage random sampling. The research method is descriptive by correlation technique.

                The finding are follows; (1) the was a positive correlation between critical thinking with speed reading students, (2)There was a positive correlation between interest in reading toward speed reading students, (3) There was a positive correlation between critical thinking and interest in reading toward speed reading of the students.

                Therefore, the speed reading could be enhanced by increasing critical thinking and interest in reading.

  • Definisi Disertasi

    Disertasi adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan program S3 ilmu pendidikan. Disertasi merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam melakukan penelitian yang berhubungan dengan penemuan baru dalam salah satu disiplin ilmu pendidikan.

  • Contoh Disertasi

    STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA DAN GAYA BERPIKIR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA SEMARANG (2007)

    The Media-Assisted instructional Strategy and Students’ Thingking Styles Impact on Indonesia Languange Learning Outputs in State Primary Schools of Kota Semarang (2007)

    SRI SULARTI DEWANTI HANDAYANI

    ABSTRACT

                This study examines the impacs of media-assisted instructional strategy and thinking styles on the learning output of bahasa Indonesia amongst the first-year students of the state primary schools of Kota Semarang. It employs an experimental method. Data was collected from the selected students, through questionnaires and their participation in the media-aided instruction. The data analysis technique used is Two-Way Analysis of Variance (Two-way Anova).

                This study founded that; (1) the learning output of the students taught in the periodical-media-display strategy is higher than that of those who were not; (2) the divergent students’ output is higher than the convergent; (3) there is an effect of the interaction between, thinking styles, and the students’ learning outputs; (4) the divergent students taught in the periodical media display strategy has a higher learning output than those who were taught in the non periodical one; (5) the convergent students taught in the periodical-media-display strategy has a lower output than those taught in the non-periodical one; (6) the learning output of the divergent students taught in the periodical media display strategy is higher than that of the divergent; (7) the learning output of the divergent students taught in the periodical media display strategy is higher than that of the convergent ones.

                This study concludes that; (1) the periodical media display instructional strategy has a significant influence on the improvement in the students learning output of bahasa Indonesia, (2) the student with a tendency to divergent thinking style have a higher learning output of bahasa Indonesia than that of their convergent counterpart either in the periodical and non periodical media display strategy.


Referensi:
Bahasa Indonesia Dalam Penulisan Karya ilmiah ( http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/06/agus_buku_ajar.pdf )
http://dokumen.tips/documents/perbedaan-skripsi-tesis-dan-disertai.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s