TUGAS PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A

 PENGGOLONGAN KOMPUTER
Komputer oleh beberapa professional digolongkan dalam beberapa sudut pandang. Yaitu berdasarkan data yang diolah, berdasarkan penggunaannya, berdasarkan ukurannya dan berdasarkan generasinya.
1. BERDASARKAN DATA YANG DIOLAH
Analog Computer
Komputer analog digunakan untuk data yang bersifat kontinyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik, seperti misalnya arus listrik, temperatur, kecepatan, tekanan, dan lain sebagainya. Output dari computer analog umumnya adalah untuk pengaturan atau pengontrolan suatu mesin. Komputer analog banyak digunakan dalam proses pengontrolan pada pabrik kimia, pembangkit tenaga listrik, penyulingan minyak, rumah sakit untuk mengukur denyut jantung dan sebagainya.
Keuntungan dari computer analog adalah kemampuannya untuk menerima data dalam bentuk besaran fisik dan langsung mengukur data tersebut tanpa harus di konversikan terlebih dahulu seperti pada computer digital, sehingga proses dari computer analog lebih cepat dibandingkan dengan computer digital. Kerugian computer analog adalah terletak pada factor ketepatannya. Computer digitadl lebih tepat dibandingkan dengan computer analog.Digital Computer
Data pada computer analog diterima dalam bentuk kontinyu, sedang data yang diterima pada computer digital dalam bentuk angaka atau huruf. Computer digital biasanya digunakan pada aplikasi bisnis dan aplikasi teknik.
Keunggulan dari computer digital adalah sebagai berikut.
1. memproses data lebih tepat dibandingkan dengan computer analog.
2. dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan proses.
3. dapat melakukan operasi logika, yaitu membandingkan dua nilai dan menentukan hasilnya. Yaitu membandingkan elemen nilai yang satu lebih kecil atau sama dengan, atau lebih kecil sama dengan, atau lebih besar, atau lebih besar sama dengan, atau tidak sama dengan elemen nilai yang kedua.
4. data yang telah dimasukan dapat dikoreksi atau dihapus.
5. output dari computer digital dapat berupa angka, huruf, grafik, maupun gambar.
Hybrid Computer
Dialam aplikasi khusus, dibutuhkan suatu computer yang mampu menyelesaikan permasalahan lebih cepat dari computer digital dan lebih tepat dari computer analog. Computer ini merupakan kombinasi dari computer analog dan computer digital, dan disebut dengan hybrid computer(computer hybrid).2. BERDASARKAN PENGGUNAANNYA
Special Purpose Computer
Computer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, yang biasanya hanya berupa satu masalah saja. Computer ini dapat berupa computer digital maupun computer analog, dan umumnya computer analog adalah special-purpose computer.
Special-purpose computer banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri, seperti misalnya pabrik kimia, penyulingan minyak, pabrik baja serta untuk tujuan militer, untuk memecahkan masalah navigasi di kapal selam dan kapal terbang. Sekali special-purpose computer sudah diprogram untuk masalah yang khusus, maka tidak dapat digunakan untuk masalah yang lainnya, tanpa adanya perubahan-perubahan yang dilakukan di dalam komputernya.General Purpose Computer
Computer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah dapat menggunakan program yang bermacam-macam untuk menyelesaikan jenis permasalahan-permasalahan yang berbeda. Maka dibandingkan dengan special purpose computer, kecepatannya lebih rendah. Sejak generasi ketiga, sebagian besar computer dirancang sebagai general purpose computer, dapat digunakan untuk masalah yang berbeda-beda, misalnya aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permainan dan lain sebagainya.

3. BERDASARKAN UKURANNYA
Berdasarkan ukurannya, computer digolongkan kedalam micro computer(komputer mikro), mini computer(komputer mini), small computer(komputer kecil), medium computer(komputer menengah), large computer(komputer besar), dan super computer(komputer super).

Micro Computer
Micro computer disebut juga dengan nama personal computer. Ukuran main memory komputer mikro sekarang berkisar dari 16 mb sampai lebih dari 128 mb, dengan konfigurasi operand register 8 bit, 16 bit atau 32 bit. Kecepatan computer mikro sekarang berkisar antara 200 mhz sampai dengan 500 mhz.
Komputer mikro umumnya adalah single user, yaitu computer hanya dapat digunakan untuk satu pemakai saja untuk tiap saat. Perkembangan lebih lanjut dari computer mikro adalah computer super mikro(super micro computer). Supermicro computer merupakan multiuser system dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan computer mini. Sekarang supermicro computer mulai menggantikan computer mini, karena supermicro computer dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sama dengan yang dapat dikerjakan oleh computer mini. Perkembangan yang cepat dari computer mikro menyebabkan computer mikro dan computer super mikro tidak dapat dibedakan lagi. Computer mikro sekarang mempunyai kemampuan seperti computer super mikro, yaitu kemampuan multiuser system. System ini dikenal dengan istilah client server system.

Mini Computer
Perusahaan-perusahaan yang memproduksi computer mini ada yang menggolongkan kembali computer mini menjadi r, mini-mini computer, midi-mini computer, maxi-mini computer, dan super-mini computer tergantung dari kemampuannya.kecepatan computer mini sampai 50 mips.
Computer mini dapat bersifat multiuser, yaitu sebuah computer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai. Sampai dengan 64 terminal dapat dihubungkan dengan computer mini. Tiap-tiap terminal dapat diletakan ditempat yang terpisah yang dihubungkan dengan pusat komputernya.
Salah satu perusahaan yang pertama kali memproduksi computer mini adalah dec (digital equipment corporation). Perusahaan-perusahaan lainnya adalah ibm, Honeywell, hawlett Packard, data general, general automation, Olivetti, Phillips business systems, wang laboratories, burroughs dan ncr. Computer mini merupakan computer pertama yang diterapkan terhadap aplikasi pengendalian proses produksi, riset laboratorium dan komunikasi data.

Small Computer
Small computer disebut juga dengan nama small-scale mainframe computer. Small computer sekarang kebanyakan menggunakan system multiprogramming, multiprocessing dan virtual storage, serta bersifat multiuser dengan jumlah terminal sampai dengan ratusan buah. Beberapa perusahaan yang memproduksi small computer diantaranya adalah ibm, ncr, burroughs, Honeywell, dec, wang laboratories dan control data corporation.

Medium Computer
Medium computer disebut juga dengan nama medium-scale mainframe computer. Medium computer dapat mempunyai sejumlah besar dan bermacam-macam alat input atau output. Biasanya medium computer digunakan untuk komunikasi data, dengan ratusan terminal yang terpisah dari pusat komputernya. Pusat computer biasanyta menggunakan medium computer dan terminal-terminal dapat menggunakan micro computer atau mini computer untuk penerapan konsep Distribusi Data Processing (DDP), yaitu terminal selain dapat berhubungan dengan computer pusat, tetapi dapat juga berdiri sendiri.

Large Computer
Large computer disebut juga dengan nama mainframe computer atau large-scale mainframe computer karena bentuk fisiknya besar seperti lemari. Komputer mainframe mempunyai kecepatan 400 mips. Computer jenis ini di gunakan pada perusahaan-perusahaan yang besar, seperti misalnya perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang yang tersebar di seluruh dunia yang tiap-tiap kantor cabang mempunyai terminal dihubungkan dengan pusat komputernya.
Karena kecepatan dan besarnya memori computer ini, memungkinkan secara efektip menerapkan system time-sharing, ratusan pemakai dapat computer ini serentak dari terminal masing-masing pada saat yang bersamaan.

Super Computer
Penggunaan super computer memungkinkan penerapan system time-sharing yang lebih efektip. Ribuan terminal dapat dihubungkan dengan super computer dan ribuan pemakai dapat menggunakannya pada saat yang bersamaan.
Super computer disebut juga dengan nama parallel processor, karena super komputer adalah mainframe yang mempunyai banyak processor yang dipasang secara parallel. Contohnya adalah super komputer yang di gunakan di perusahaan telepon ptt di belanda yang mengunakan sebanyak 48 processor yang diparalel.

Sumber : 
“pengenalan computer” karangan prof. Jogiyanto

NAMA NAMA PENEMU KOMPUTER
1. Charles Babbage
Adalah seorang pakar matemaitka pada tahun 1882, namun perkembangan selanjutnya tidak lepas dari jasa para penemu dari generasi berikutnya. Tahun 1882 Charles Babbage dengan idenya yang sangat cemerlang menciptakan sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukakn perhitungan yang rumit. mesinnya yang tidak selesai dibuat saat ini berada di London Meseum of Science. dari sinilah cikal bakal komputer diawali.2. Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry
Pada tahun 1937 mendesain komputer digital elektronik pertama. dengan nama ABC(Atanasoff-Berry Computer). ABC hanya bisa menghitung tanmbah dan kurang.3. Alan Turing
Pada tahun 1943 selama perang dunia ke 2 ilmuwan inggris itu mendesain komputer elektronik khusus tentara inggris. Digunakan untuk menembus kode pertahanan German.
4. Howar Hathaway Aiken American
Pada tahun 1944 membuat mark I. sebuah komputer hitung digital pertama yang dibuat. memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton, Mark I dapat digunakan untunk menghitung probabilitas.5. Dr. John von Neumann pada tahun 1945 menulis konsep penyimpanan data. saat itu masih berupa ide.6. Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr
Pada tahun 1946 menyelesaikan komputer skala besar yang pertama, diberi nama ENIAC(Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia mengetahui kedua orang ini sebagai PENEMU KOMPUTER. ENIAC berbobot 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung  transistor ukuran besar, memiliki luas 30 kaki x 50 kaki, memakai tenanga 160.000 watt. Pertama kali komputer itu dinyalakan, seluruh jaringan listrik Philadelphia mendadak mati.ENIAC tidak hanya dapat menghitung tambah kurang kali dan bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana. Dibanding Mark I yang hanya dapat menghitung probabilitas, dapat dilihat bahwa ENIAC adalah KOMPUTER pertama didunia.

Contoh lain komputer generasi pertama  di dunia adalah:
1) Colassus
2) Mark I
3) ENIAC
4) EDVAC
5) UNIVACI

7. William Shockley, John Bardeen, dan Walter Bratain, pada tahun 1947 Transitor pertama ditemukan mereka. semenjak transistor ditemukan, ukuran komputer semakin mengecil.Dari sejarah diatas maka dapat disimpulkan bahwa penemu KOMPUTER (bukan kalkulator) adalah “Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr.

Sumber:
Contoh Komputer Generasi Pertama:
1
  • ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator)
terdiri dari 70.000 resistor , 5 juta titik soldier dan 18.000 tabung hampa udara serta mengkonsumsi daya sebesar 160.000 Watt.Komputer jenis ini merupakan komputer serbaguna yang dapat bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan dengan komputer Mark I.
  • EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) mengurangi penggunaan tabung-tabung vakum, menggunakan sistem nomor binari dan konsep aturcara tersimpan (stored program concept) serta proses penghitungannya lebih cepat dibandingkan dengan ENIAC.
Contoh komputer generasi kedua:
2
  • IBM 1401
  • IBM 7090
  • ILLIAC-11
Contoh komputer generasi ketiga:
3
  • IBM System/360
  • DEC PDP -8
Contoh komputer generasi keempat :
4.1   4.2
  • IBM (IBM S/34, IBM S/36, IBM PC/AT & XT, IBM PS/2)
  • HONEYWELL 700
  • BURROGHS 600
  • CRAY I
  • CYBER
  • PC Apple II
  • COMMODORE PC
Contoh komputer generasi ke lima:
5
  • Sekarang – Masa depan 

Contoh komputer mikro:

MIKRO
  • Desktop pc : je nis pc berukuran besar yang umum digunakan pada rumah atau kantor dengan posisi case dalam posisi tertidur.
  • Tower pc : pc dengan case dalam keadaan berdiri, biasanya diletakkan dibawah atau samping meja komputer.
  • Laptop: jenis mikrokomputer yang mudah dibawa-bawa, laptop ukuran kecil biasa disebut notebook.
  • Palmtop : pc genggam berukuran kecil dan ringan, menyerupai kalkulator sehingga dapat diletakkan diatas tangan.
  • PDA (Personal Digital Assistant): jenis komputer genggam yang menggunakan pena sensor elektrik sebagai mengganti keyboard pada pc pada umumnya. PDA dapat menhadi buku catatn bahkan dilengkapi dengan software khusus sehingga dapat melakukan koneksi dengan internet secara langsung. 

Contoh komputer mini:

Leet_060821_OQO_ 031
  • Xerox star
  • Vax,PDP-11
  • PDP-8
  • IBM System/370 

Contoh komputer mainframe:

MAINFRAME
  • IBM System/360 IBM System/390
  • Honeywell-Bull DPS 7
  • Cray-1 dari Cray Research
Contoh Super Komputer:
SUPER
  • IBM
  • HP
Sumber : wikipedia

NAMA ANGGOTA:
-Siti Nuraeni 18213576
-Intan Purnama Sari 14213443
-Mila Ziel Rukhama 15213493
-Ulfah Hardiyanti 19213035
-Hayyu Annisa 13213984
-Novia Putri Utami 16213538
-Yuni Gustia Dewi 19213591
-Ahmad Suandi R 10213467
-Dinna Bilah Sary 12213587
-Devi Nurul Larasati 12213258

KELAS: MANAJEMEN – 1 EA 35
UNIVERSIITAS GUNADARMA KARAWACI

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s